banner

Cara Memancing yang Baik agar Dapat Banyak Ikan

Memancing merupakan aktivitas mengisi waktu luang yang menyenangkan. Selain itu, berhasil menangkap ikan juga jadi kepuasan sendiri bagi si pemancing.

Namun nyatanya bagi pemula, memancing bisa jadi agak rumit dan tak semudah dibayangkan.

Mulai dari peralatan yang dibutuhkan, memilih umpan, hingga teknik memancingnya. Belum lagi, beda tempat atau lokasi pemancingan, beda juga alat dan teknik yang digunakan.

Untuk itu, sebelum memulai memancing, persiapkan kebutuhan memancing dan ketahui cara memancing yang baik agar menghasilkan tangkapan ikan yang banyak. 

1. Tentukan tempat yang strategis

Mengutip Wikihow, pemula bisa mencoba memancing di danau, kolam, sungai. Apabila rumah Anda jauh dari tempat tersebut, di berbagai daerah banyak yang menyediakan kolam pemancingan yang dapat menjadi sarana Anda untuk memancing.

Kenyamanan tempat memancing juga harus dipertimbangkan lantaran Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menangkap ikan.

Selain itu, pastikan lokasi pemancingan yang dipilih bukan lokasi terbatas milik orang lain atau wilayah yang dilarang.

2. Cari tahu jenis ikan dan umpannya

Setelah menentukan tempat, Anda harus mengetahui jenis ikan yang hidup di area tersebut. Ini berfungsi untuk menentukan jenis kail dan joran pancing agar sesuai dengan bobot dan kapasitas ikan yang akan dipancing.

Misalnya, gunakan pelet untuk memancing nila, patin, mujaer, mas, gurame. Atau cacing tanah dan jangkrik sebagai umpan ikan lele.

3. Memancing pada pagi atau menjelang sore

Ikan keluar untuk mencari makan pada waktu tertentu, yaitu pada waktu menjelang pagi dan saat menjelang sore. Ini merupakan waktu terbaik untuk melempar kail.

Respons ikan terhadap makanan pada waktu tersebut sangatlah baik. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk mendapat tangkapan ikan yang banyak. Apabila mancing di pagi hari terlalu berat, Anda dapat mengalihkan waktu memancing pada sore hari.